Meski usianya masih sangat muda, di tahun 2014 Irwan Hernawan (27) berani keluar dari zona nyaman dan memilih terjun memulai bisnis catering rumahan. Berbekal hobinya mencicipi berbagai macam hidangan kuliner, Irwan yang sebelumnya tak memiliki bekal pengalaman di dunia bisnis ataupun keahlian dalam hal masak-memasak, coba-coba iseng membuka jasa pesanan catering nasi kotak.
Saat itu Irwan yang masih bekerja sebagai finance akunting manager
di sebuah perusahaan di surabaya mengawali karir bisnisnya dengan
membuka bisnis warung makan. Tapi sayang karena kesibukannya di kantor,
warung makan tersebut terpaksa ditutup. Setelah gagal menjalankan bisnis
warung makan, pemuda kelahiran 23 January 1989 ini tak lantas menyerah,
ia justru semakin penasaran dan kembali mencoba peruntungan di bisnis
catering.
“Pada saat itu, saya langsung memilih nama untuk bisnis katering yang akan saya jalani, yaitu Berkah Catering.
Kami resmi mendirikannya di bulan oktober 2014 tepatnya di Surabaya,
dengan melayani pesanan katering nasi kotak untuk rumah tangga dan
kantoran,” ujarnya,
Sedari Awal Tertarik Jalankan Bisnis Catering Online

Berbeda
dengan pemain bisnis serupa yang ada di Surabaya, Irwan yang sejak awal
tertarik mempelajari sistem marketing online lebih memilih pangsa pasar
yang dibidik dari dunia maya. “Pangsa pasar yang saya targetkan adalah
dari online, oleh karena itu hal pertama yang saya lakukan adalah
membuat website, dan aktif promosi melalui sosial media dan forum,”
tambah pengusaha muda lulusan S2 di salah satu universitas swasta di
Jakarta.
Dengan memanfaatkan perkembangan situs media online, pengusaha muda
yang akrab disapa Irwan ini mencoba mempromosikan bisnis catering yang
ia jalankan melalui sosial media. Tak sia-sia, inovasi yang ia lakukan
dalam mempromosikan bisnisnya membuahkan hasil yang positif.
Hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja, bisnis katering milik Irwan
sudah melesat sangat pesat. Bahkan tak hanya melayani permintaan
catering nasi kotak saja, Berkah Catering mulai menjajal peruntungan
baru dengan mendedikasikan dirinya sebagai salah satu jasa penyedia
catering prasmanan untuk berbagai acara.
“Saya sadar betul saya tidak memiliki pengetahuan apapun tentang
bisnis catering prasmanan kala itu, tapi niatan saya tidak tergoyahkan,
saya mulai mencari artikel di internet tentang bisnis catering
prasmanan, khususnya wedding. Setelah satu bulan berjalan saya
mempelajari seluruh teknis pelayanan catering prasmanan, akhirnya saya
memantapkan diri untuk memulainya di tahun 2015,” cerita Irwan kepada
tim liputan BisnisUKM.com.

Meski
bisa dibilang modal yang dimiliki Irwan sangatlah minim, tapi dengan
pengalamannya yang sudah pernah bekerja di perusahaan F&B (food
& beverage) ia tak mengalami kesulitan ketika membuat penawaran
paket catering prasmanan. Tidak hanya itu saja, ia juga mulai mencari
vendor untuk persewaan peralatan catering prasmanan.
“Jujur saja modal saya nol pada waktu itu dalam menjalankan bisnis
catering prasmanan ini. Setelah menemukan vendor, sayapun mulai
memasarkan bisnis catering prasmanan saya ke pasar online. Terbukti,
beberapa minggu dipromosikan online alhamdulillah saya mendapat respon
pasar sangat baik, Sampai akhirnya saya mendapatkan satu klient pertama
kala itu. Pertama kali saya mendapatkan pesanan adalah untuk catering
prasmanan di sebuah acara reuni SMA sebanyak 150 pax,” tutur Irwan
sembari mengenang pengalamannya saat itu.
Mulai Jajal Pasar di Luar Surabaya

Seiring
berjalannya waktu Berkah Catering semakin berkembang pesat, banyak
project pernikahan yang ditanganinya dari mulai acara gedung maupun
rumahan. Secara harga, Berkah Catering memang diunggulkan dibandingkan
kompetitor lain yang memiliki harga lebih mahal. Didukung juga dengan
rasa yang berkualitas, membuat bisnis catering ini lebih cepat dikenal
di area Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.
Tak berhenti disitu saja, ternyata sang owner Irwan Hernawan memiliki
pandangan lebih luas lagi untuk mengembangkan Berkah Catering ke area
lainnya di Jawa Timur, seperti Gresik, Mojokerto dan Malang. Untuk
mewujudkan impiannya, pengusaha muda ini mula memperluas jangkauannya
dengan cara bekerjasama dengan para wedding organizer yang ada di
wilayah Surabaya dan Sidoarjo.
“Dari bisnis catering ini, dalam sebulan saya bisa mengantongi omzet
sekitar Rp 75 juta – 200 juta. Karena biasanya bisnis catering
tergantung dengan musim pernikahan,” jawabnya sembari tertawa.
Kini, melihat pertumbuhan bisnisnya semakin positif, Irwan pun mulai
menata tim manajemen yang lebih profesional di bawah naungan PT. Berkah
Kulina Nusantara. “Saya tidak ingin jika berkah catering hanya
berkembang secara segi operasional saja, akan tetapi manajemen juga
perlu diperhatikan,” tandasnya.
Kendati usianya masih sangat muda, Irwan bersyukur bisnis catering
kotakan yang dulunya dimulai dengan modal nol, lambat laun mulai
berkembang menjadi bisnis catering besar di Surabaya yang melayani
catering pernikahan.
“Pemasaran berkah catering secara online terbukti berhasil, karena
pesanan lebih banyak datang dari pasar online dibandingkan offline,”
pungkasnya.
Sumber : http://bisnisukm.com/irwan-hernawan-sosok-pengusaha-muda-dibalik-suksesnya-berkah-catering.html
Berkah Catering
Related Link :
Catering Surabaya | Catering Sidoarjo | Catering Mojokerto | Catering Malang | Nasi Kotak Surabaya | Sewa Alat Catering | wedding organizer surabaya | Foto Prewedding | catering di malang | cafe malang | Tour Surabaya | Travel Surabaya | Rental mobil Surabaya | catering harian surabaya | Irwan Hernawan | Pengusaha Muda Indonesia | Catering Jakarta | Catering Pernikahan Malang | Catering di Surabaya | Berkah Catering Premium