• RSS
Latest Post
Loading...

Tuesday 15 March 2016

Tips dan Trik Memulai Bisnis Nasi Kotak Untuk Pemula

in catering nasi kotak , nasi box , nasi box murah , nasi kotak , nasi kotak malang , nasi kotak mojokerto , nasi kotak murah , nasi kotak sidoarjo , nasi kotak surabaya
Tips dan Trik Memulai Bisnis Nasi Kotak Untuk Pemula – Apakah anda pandai dan hobi memasak ?
Jika begitu, apakah ada niat untuk memanfaatkan keahlian anda tersebut dengan membuka bisnis usaha kecil berupa catering box.
Selain itu, anda bisa menyalurkan hobi sekaligus membuat kantong anda bisa menjadi tebal lewat usaha catering box yang anda tekuni bersama dengan teman – teman atau hanya di dalam anggota keluarga sendiri saja.
Untitled
Tapi, sebelum memulai bisnis catering nasi box, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu panduannya.
Pilihlah salah satu jenis bisnis katering nasi yang akan anda jalankan. Apakah katering yang bersifat khusus atau umum.
Katering khusus berarti katering nasi anda hanya melayani acara – acara tertentu dengan menu khusus, misalnya, pesta kebun atau pesta formal. Sementara katering umum sifatnya sangat fleksibel. Ia bisa dimanfaatkan untuk moment apapun.
Anda perlu mengadakan survei kecil – kecilan untuk mengetahui kompetitor jasa katering yang akan anda buka. Cari tahu informasi soal harga, kualitas makanan serta kualitas penyajiannya.
Makin banyak informasi yang dapat anda kumpulkan, maka semakin matang pula anda dalam menghadapi persaingan bisnis catering nasi box. Hitung ongkos produksi. Buatlah perbandingan biaya – biaya yang diperlukan dengan pemasukan yang akan anda terima. Sesekali anda harus bisa berspekulasi agar anda tidak merugi.
Pada awal membuka usaha jasa katering jenis nasi kotak, buatlah promosi seperti menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis nasi kotak, yaitu :

1). Hobi

Dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis terkadang anda akan merasakan bosan dan jenuh pada kondisi tertentu, seperti halnya anda melakukan kegiatan yang lainnya. Hal ini akan berbeda jika anda berbisnis nasi kotak karena hobi.
Kalau anda mempunyai hobi dalam hal masak – memasak disertai pandai dalam bidang ini maka di dalam menjalankan bisnis akan terasa lebih santai dan nyaman serta senang hati dalam menjalankannya.

2). Modal

Modal merupakan salah satu hal paling penting yang wajib untuk anda pertimbangkan. Modal sangat diperlukan untuk membeli alat – alat perlengkapan dapur sebagai penunjang bisnis anda.
Sebenarnya hal ini tidak terlalu penting untuk dijadwalkan, anda masih bisa memakai alat dapur anda sendiri di rumah tetapi sifatnya kurang efisien untuk tujuan bisnis skala besar, jika anda membali alat – alat khusus yang bisa menghasilkan dan menampung lebih banyak makanan maka diharapkan anda mampu memproduksi makanan dalam jumlah besar.

3). Lokasi

Lokasi anda untuk memulai bisnis memegang peranan penting untuk kelancaran usaha yang memang sebagian besar dilakukan di rumah si pelaku.
Walaupun kurang strategis, harus diakali dengan mengaplikasikan sistem pengiklanan yang baik. Anda tetapkan lokasi bisnis anda lalu buatlah semacam iklan dan kartu nama agar konsumen baru mengetahui usaha yang sedang anda rintis sehingga mereka bisa menghubungi anda kapanpun.
Desainlah sebuah ruangan khusus berukuran luas sebagai dapur / multifungsi untuk memasak makanan dan mempersiapkan kebutuhan katering, karena makanan yang akan anda hasilkan dalam jumlah besar.

4). Wawasan kuliner

Dengan mempunyai wawasan kuliner yang luas, anda akan mampu menghasilkan makanan kotak dengan cita rasa menu yang bervariasi. Menu bervariasi akan membuat pelanggan anda merasa tidak bosan untuk memesan nasi kotak kepada anda.
Hindari sikap cepat puas dengan wawasan yang anda kuasai saat ini, tetaplah belajar dan menambah pengetahuan baru dibidang kuliner dengan cara sekolah atau ikut kursus.
Selain itu, pengetahuan anda dibidang ini bisa bermanfaat untuk merespon keinginan konsumen saat memesan nasi kotak kreasi anda, apakah mereka puas dengan menu awal atau ingin variasi rasa yang lainnya.

5). Karyawan yang cakap

Seiring perkembangan usaha anda menjadi maju pesat, maka anda akan membutuhkan bantuan dalam memproduksi nasi kotak ini.
Carilah karyawan yang handal dibidang ini dan mampu bekerja dengan cepat. Anda bisa mengajak tetangga, anggota keluarga besar atau karyawan profesional untuk membantu kelancaran usaha anda.

6). Supplier bahan baku

Salah satu hal penting lainnya yang perlu mendapat perhatian khusus adalah anda harus mempunyai langganan supplier bahan baku tetap. Sehingga jalannya bisnis anda akan lebih mudah.
Berkah Catering

1 comments:

terimakasih banyak telah berbagi tips sukses dalam berbisnis kuliner nasi kotak, sangat menarik...
Aplikasi Kasir Android Offline