• RSS
Latest Post
Loading...

Thursday 15 September 2016

Mengelola & Mempromosikan Nasi Kotak

in nasi box , nasi box murah , nasi kotak , nasi kotak malang , nasi kotak mojokerto , nasi kotak murah , nasi kotak sidoarjo , nasi kotak surabaya

Nasi kotak adalah salah satu penyajian dari penyedia jasa catering yang dimana di dalamnya terdapat aneka menu makanan yang sdah di susun sedemikan rupa, sehingga membuat para penikmatnya menggugah selera. Bisnis katering nasi kotak adalah bisnis kepercayaan dan "rasa". Untuk membuka peluang pasar, kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga, arisan RT, koperasi, dll. Berilah label nama katering anda pada tutup nasi kotak pesanan sebagai tanda pengenal atau promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pembuatan nasi kotak di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan telasi akan mengetahui kualitas kita dan meminta komentar konsumen kita. Dari sini kepercayaan kepada kita akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkandang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan. Untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan jangan segan untuk memberikan sample masakan, karena konsumen yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah acara.

Tips Pengelolaan Usaha Nasi Kotak


  1. Punya Visi - Sederhana sebenarnya, setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apapun itu jenisnya, perlu memiliki visi yang jelas. Cita rasa juga sangat memegang peranan penting dalam usaha ini. Faktor kebersihan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang mengkonsumsi catering kita, sehingga menjaga kebersihan menjadi hal yang harus selalu diperhatikan.
  2. Rencana Matang - Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita, karena kita dirasa perlu memiliki wawasan luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalhnya dalam paket nasi kotak arisan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produk (menu), pemasaran, logistik dan promosi semuanya harus terencana dengan matang. Hal ini untuk menghindari situasi Chaos (tumpang-tindih), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang.
Fokus adalah kunci keberhasilan utama dalam bisnis katering nasi kotak ini, banyak pelaku catering yang gagal atau berhenti di tengah jalan dikarenakan kurangnya fokus dalam merintis usaha ini. Gagal adalah sesuatu yang biasa, tapi bangkit setelah kegagalan adalah sesuatu yang luar biasa. Salah satu cara untuk tetap fokus adalah fokus dalam hal promosi. Promosi dapat dilakukan dengan banyak cara yaitu :

  1. Melalui mulut ke mulut
  2. Brosur
  3. Kartu nama 
  4. Iklan koran
  5. Radio
  6. TV 
  7. Internet
  8. SMS 
  9. dll.
Sekarang bagaimana caranya agar promosi bisa langsung tepat sasaran, pertama kali yang perlu kita ketahui adalah permasalahan yang sering terjadi dalam pemesanan katering, biasanya dalam dunia katering masalah persaingan harga adalah menjadi pokok utama, dimana para kompetitor selalu menawarkan harga murah dan juga menu yang menarik. Oleh karena itu buatlah agar katering nasi kotak kita memiliki harga yang bisa dibawah harga para pesaing kita, dalam dunia bisnis yang pertama kali dilakukan ketika kita memulai usaha adalah jangan pikirkan untung, tidak ada masalah untuk awal jika kita mendapatkan untung yang sedikit tapi permintaan tidak ada hentinya.

Promosi internet adalah salah satu teknik promosi yang terbukti sangat efektif, karena pasar dalam dunia internet ini adalah tidak terbatas. Kita bisa memanfaatkan hal ini untuk menjaring banyak hubungan tak terkecuali dengan para pelaku bisnis yang sama. Dengan memperbanyak relasi inilah yang bisa menghantarkan catering kita menjadi banyak dikenal dan akhirnya mudah untuk mendapatkan pesanan. Selain itu, keuntungan dari promosi internet lainnya adalah salah satu sarana promosi yang gratis, alias tidak berbayar, berbeda jika kita menyebarkan brosur atau kartu nama.
Berkah catering