• RSS
Latest Post
Loading...

Friday 1 May 2015

Tips Memulai Bisnis Nasi Kotak


Dalam dunia bisnis, tugas anda hanyalah menyiapkan modal dan tempat untuk berbisnis nasi kotak ini, Namun kebanyakan dari anda pasti lebih tertarik untuk ikut terjun langsung dalam bisnis nasi kotak ini. Disamping karena anda baru memulainya dan anda juga tertarik pada bidang ini. Peluang bisnis nasi kotak ini cukup bagus saat ini, apalagi sekarang kalau ada acara besar kumpul-kumpul seperti arisan, buka puasa, hajatan pasti membutuhkan nasi kotak. Nasi kotak ini sering diminati karena memang penyajiannya yang praktis. Bisnis nasi kotak ini bisa menjadi salah satu alternatif bisnis bagi para ibu rumah tangga yang tidak mempunyai pekerjaan di rumahnya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memulai bisnis nasi kotak ini, yaitu :

  • Hobi, dalam hal ini terkadang anda akan merasa bosan dan jenuh seperti halnya anda dalam berbisnis, Hal ini akan berbeda jika anada berbisnis nasi kotak ini karena hobi. Jika anda memiliki hobi dalam hal memasak tertentu pasti anda akan merasa lebih nyaman dalam menjalankan bisnis ini
  • Modal, Faktor ini tidaklah lepas pada saat kita memulai suatu bisnis dan wajib anda pertimbangkan. Dimana anda harus membeli alat-alat perlengkapan dapur dan perlengkapan lain yang dibutuhkan saaat memulai bisnis nasi kotak ini. Modal lain yang diperlukan dalam bisnis ini adalah modal untuk memasarkan jasa anda baik secara online atau offline. Anda harus cermat menghitung dan mengkalkulasi dari budget yang dibutuhkan.
  • Lokasi, lokasi yang anda persiapkan untuk memulai bisnis nasi kotak ini bisa anda lakukan di rumah sendiri. Walaupun dinilai kurang strategis, tapi anda bisa mengakalinya dengan sistem pemasaran yang baik atas jasa anda. Anda tetapkan lokasi bisnis anda dan buatlah semacam kartu nama agar konsumen bisa menghubugi anda kapanpun. Kemudian anda akan membutuhkan ruangan khusus sebagai dapur dalam memasak makanan, karena makanan yang anda akan hasilkan adalah makanan dalam jumlah besar.
  • Wawasan kuliner, Faktor ini bukanlah merupakan hal wajib yang harus dilakukan dalam bisnis nasi kotak ini. Akan tetapi dengan wawasan kuliner yang luas setidaknya anda bisa menghasilkan menu makanan nasi kotak anda menjadi bervariasi, yang nantinya pelanggann anda bisa merasa tidak bosan untuk memesan nasi kotak kepada anda.
  • Memilih karywan yang tepat, dengan pesanan nasi kotak nanti yang anda akan dapatkan pastilah anda membutuhkan tenaga bantuan untuk membantu anda dalam bidang produksi. Carilah karywan yang handal di bidang ini dan bisa bekerja dengan cepat. Anda bisa mengajak orang terdekat anda seperti tetangga anda dalam membantu anda menjalankan bisnis nasi kotak ini.
  • Supplier bahan baku, salah satu hal penting lainnya adalah anda harus mempunyai langganan supplier bahan baku anda. Sehingga jalannya bisnis nasi kotak anda akan lebih mudah. Selain itu supplier ini juga berfungsi sebagai tempat jaga-jaga kalau bahan baku yang anda persiapkan ternyata tidak memenuhi pesanan pelanggan.
  • Penentuan menu dan harga, dalam hal ini bikinlah menu menu menarik dalam menu nasi kotak anda. Tentu lah dalam menentukan pilihan menu ini haruslah mempertimbangkan faktor harga dan kualitas makanannya. Saran saya, jika anda baru akan memulai bisnis nasi kotak ini, bikinlah menu - menu variatif dan kalkulasi harga yang tepat sehingga membuat bisnis nasi kotak anda menjadi nasi kotak murah , tapi tidak murahan.
  • Pemasaran, Strategi ini adalah sesuatu yang harus anda lakukan dalam ujung perencanan bisnis anda. Pemasaran bisnis nasi kotak anda bisa dilakukan secara offline ataupun online. untuk offline anda bisa memanfaatkan brosur dan kartu nama, sedangkan untuk pemasaran online anda bisa membuat website/blog pribadi anda dan memasarkannya di social media, seperti facebook, twitter atau instagram.
Saya rasa sekianlah sedikit tips dalam memulai bisnis nasi kotak anda. Pemesanana nasi kotak di wilayah Surabaya dan sekitarnya bisa hubungi kami

0857-0404-3445